WEBINAR : Sistem Manajemen Mutu yang Handal Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Masa Depan
Keywords:
Sistem Manajemen Mutu, SMM, SDMAbstract
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset paling berharga bagi setiap organisasi. Kualitas SDM sangat mempengaruhi kinerja dan kesuksesan jangka panjang suatu entitas. Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk memiliki Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang efektif untuk meningkatkan dan memastikan kualitas SDM mereka. Kegiatan webinar ini membahas kebutuhan mendesak untuk menerapkan SMM dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, serta manfaat dan tantangan yang terkait. Metode pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan metode experiental learning. Kesimpulan dari kegiatan abdimas ini adalah Penerapan SMM dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas SDM. SMM dapat membantu organisasi untuk menetapkan standar dan persyaratan yang jelas, melakukan pelatihan dan pengembangan SDM, serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Dengan penerapan SMM yang tepat, organisasi dapat meningkatkan kualitas SDMnya, sehingga dapat mencapai tujuannya dengan lebih efektif dan efisien
References
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021, November). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 4, pp. 804-812).
Erwin, E., Yefri, C., Husen, A., Endang Tri, P., & Herlina, S. (2023). Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Berstandar Internasional ISO 9001 untuk Meningkatkan Kinerja Pengendalian Kualitas dan Keberlanjutan Perusahaan di Industri Manufaktur Perhiasan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Darma Persada, 1, 12-19.
Primayana, K. H. (2015). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(02), 7-15.
Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 120. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734