Branding and Digital Marketing Assistance in the Household Industry in the Era of Disruption
Keywords:
Branding, Digital Marketing, industri rumah tangga, Era DisrupsiAbstract
Pada era disrupsi, perubahan sistem dan tatanan sosial menuntut pelaku usaha kecil dan menengah untuk beradaptasi, termasuk Industri Rumah Tangga (IRT) di bidang makanan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam branding dan pemasaran digital kepada IRT Sambel Pecel di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Metode pendampingan dilakukan secara langsung melalui beberapa tahapan, termasuk perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya desain label produk (brand) dan akun Instagram Sampel Pecel Kanaya sebagai media pemasaran daring. Kegiatan ini juga memunculkan perubahan pola pikir mitra mengenai pentingnya branding dan strategi pemasaran dalam menjaga keberlangsungan usaha. Dengan adanya branding yang kuat dan strategi digital marketing yang tepat, mitra dapat meningkatkan daya saing dan menjawab tantangan di era disrupsi ini.
References
Dhika Amalia Kurniawan, D. A. K., & HAYATUL MAEMUNAH, H. M. (2019). Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding, Dan Online Marketing (Peyek Mbak Anna Ponorogo Jawa Timur). KHADIMUL UMMAH Journal of Social Dedication, 1(1).
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.
Mas’ ula, S., Laviola, M., & DW, T. N. (2022). Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SINAPMAS).
Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14–26.
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328.
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 4.