Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Ekspress

Authors

  • Siti Mudrikah Awaliyah Bina Sarana Informatika
  • Dewi Astuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Didin Solehudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51922/jibma.v3i3.189

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan J&T Express. Dalam era globalisasi dan digitalisasi, pertumbuhan e-commerce meningkatkan permintaan akan layanan pengiriman yang cepat dan terjangkau. J&T Express sebagai penyedia jasa logistik menghadapi persaingan ketat, sehingga kualitas pelayanan dan strategi harga menjadi faktor utama dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pelanggan J&T Express. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan, termasuk kecepatan pengiriman dan keramahan kurir, memberikan kontribusi sebesar 54% terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, harga yang kompetitif juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, J&T Express disarankan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan strategi harga agar tetap kompetitif di industri jasa pengiriman.

References

Amstrong, K. Dan. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(3), 275–292. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V7i3.41049

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V8n3.P86-94

Atmoko, P. T., Ketepatan, P., Pengiriman, W., Harga, D., Konsumen, K., Xpress, N., Parni, S., & Atmoko, T. (2022). The Effect Of Timeliness Of Delivery And Price On Consumer Satisfaction At Ninja Xpress Sampit. Keizai, 3(2), 93–104. Http://Jurnal.Unda.Ac.Id/Index.Php/KEIZAI/Index

Auliya, V. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Daring Pada Kepuasaan Konsumen Di E-Commerce Shopee. TECHNOBIZ : International Journal Of Business, 4(2), 54. Https://Doi.Org/10.33365/Tb.V4i2.1242

Duli. (2019). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. Https://Doi.Org/10.30656/Sm.V7i2.4139

Gunawan. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 29–37. Http://Jurnal.Bsi.Ac.Id/Index.Php/Jasika

Keller, K. Dan. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Jawa Indah Kalabahi Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(20), 537–552. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8429948

Noor, F. V. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANPT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Vol. 2507, Nomor February).

Tjiptono. (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN LAPTOP BRAND HP (Studi Pada Konsumen Laptop Merek Dell Di Kota Surabaya) Sri. 10, 1–23.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Mudrikah Awaliyah, S., Dewi Astuti, & Didin Solehudin. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Ekspress. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 297–306. https://doi.org/10.51922/jibma.v3i3.189