Innovation as a Mediator of Entrepreneurial Characteristics on Business Success in MSMEs
DOI:
https://doi.org/10.51922/jibma.v2i4.112Keywords:
Business Success, Entrepreneurial Characteristic, innovationAbstract
This research aims to determine the extent to which entrepreneurial characteristics influence business success through innovation. This type of research is explanatory with a quantitative approach. The population in focus is the MSME (Micro, Small, and Medium Enterprises) actors in Malang City. A total of 97 MSME actors were selected as samples using the purposive sampling technique. Data collection was carried out using questionnaires distributed via Google Forms, and the results were analyzed using path analysis. The results of the study indicate that entrepreneurial characteristics influence business success through innovation.
References
Almaidah, S., dan Tutik, E. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Motivasi, Pengalaman, dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha pada UKM Penghasil Mete di Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Edusainstek, hlm.111-124.
Apriliani, M. F., dan Widiyanto. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan UMKM Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), hlm. 761-776.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Jumlah UMKM di Kota Malang Berdasarkan Kecamatan Tahun 2022. Diakses pada tanggal 11 Desember 2023 https://malangkota.bps.go.id/indicator/35/531/1/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-menurut-kecamatan-di-kota-malang-.html
Ependi, A., dan Beni, S. W. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Thesis. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Fajrin, S. F., & Susanto, S. (2020). Keberhasilan Usaha Kamila Group Kelurahan Banjarwaru Desa Sarimulyo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Solusi, 18(3).
Fitria, U., & Yanto, B. E. (2022). Urgensi Modal Sosial Dalam Pembentukan Karakter Wirausaha. Penerbit K-Media.
Hendarwan, D. (2018). Menumbuhkan jiwa, perilaku dan nilai kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian bisnis. Mbia, 17(2), 59-68.
Julius, P., & Nagel, F. (2018). Studi Eksploratori Pola Atribusi Keberhasilan Dan Kegagalan Bisnis: Sebuah Persepsi Dari Pengusaha Kecil Dan Mikro Pribumi Dan Tionghoa di Surabaya. Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers SANCALL, 978–979.
Jusmawi. (2020). “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Mandey, S. L. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Tempat Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki (Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Cab.Malalayang). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21334
Mardhiyyah, S., A., Mahmud, dan Endri, S. 2022. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Inovasi Terhadap Perkembangan Bisnis (UMKM Nasi Goreng Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara). Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(3), hlm.315-323.
Mulyana, Rachmat., & Ludiya, Eka. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Inovasi terhadap Kinerja Usaha pada UMKM Fashion di Kota Cimahi. Jurnal JEBM, Vol. 17, No. 1, 113-120.
Mustofa, N. H., dan Afrillia, T. N. A. 2021. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sketsa Bisnis, 8(2),82-98.
Ni’mah, Z. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Tingkat Pendapatan Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Desa Kedungsari) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Prasetyo. (2020). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada pt agung toyota batam. E-Journal. vol.2. Hal. 22
Prayoga, D. I., & Laily, N. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Dan Karakteristik Individu Terhadap Keberhasilan Usaha Wanita Melalui Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(8).
Prayoga, A. D., dan Nurchayati, N. 2023. Karakteristik Wirausaha, Kompetensi Terhadap Motivasi Keberhasilan Melalui Perilaku Inovasi pada UMKM Kuliner di Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 12(1), hlm.117-130.
Purba, M. A. (2019). Analisis penerapan SAK EMKM pada penyusunan laporan keuangan umkm di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 55-63.
Purnama, F., Indarsyih, Y., & Sadimantara, F. N. (2022). Hubungan Jiwa Kewirausahaan dengan Keberhasilan Usaha Hidroponik di Kota Kendari. Sumber, 29(17), 8-33.
Siregar, B. S., & Jaffisa, T. (2020). Peranan pemerintah dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di desa laut dendang. PUBLIK REFORM: JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(1), 8-14.
Suryana, A. T., & Burhanuddin, B. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM Kopi: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 117-128.
Susyanti, J., Putri, A. L., & ABS, M. K. (2020). Pegaruh Faktor Modal Usaha, Modal Psikologis, Karakteristik Enterpreuner, Dan Inovasi Terhadap Perkembangan Usaha Pada Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion di Malang Raya. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(03).
Svetlana. (2018). What is The Definition of Succes In Business.
Syafei, D., & Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah Pada Penjahit Pakaian di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Oku. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2), 105– 127. https://doi.org/10.54895/jmbu.v2i2.1024
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Lembaran Republik Indonesia Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 1).
Wibowo, M. F. R., & Rusminah, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian coffe shop komunal. Distribusi-Journal of Management and Business, 9(2), 119-136.
Yunus, M., Inayah, I. A. S., & Novika, N. W. (2021). Strategi Pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Tengah Melalui Pendekatan Analisis SWOT Balanced Scorecard. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 5(3), 217-228.